5 Destinasi Wisata Religi Kediri Yang Perlu Kamu Ketahui

Apa yang kamu ketahui tentang Kediri?
Hemm....Rokok, Tahu..Persik....Yupp betul. Eittt tapi bukan itu saja yang perlu kamu ketahui, tempat wisata religi di Kediri juga ada lho. Mau tau....

1. Makam Syeh Sulaiman Syamsudin al-Wasil


Makam Syeh Sulaiman Syamsudin al-Wasil atau Syeh Ali Syamsu Zain atau lebih dikenal Mbah Wasil ini terletak di jalan Dhoho Kota Kediri, tepatnya di tengah pemakaman umum lingkungan Setono Gedong di belakang Masjid Aulia, konon dikabarkan Mbah Wasil ini sebagai Waliyullah, wallahualam.

Tahun 2007 Makam Mbah Wasil secarah sah diresmikan pemerintah oleh Walikota H.A Maschut menjadi tempat wisata religi di Jawa

2. Makam Gus Miek


Hamim Tohari Djazuli atau sering disapa Gus Miek lahir pada tanggal 17 Agustus 1940 di Kediri adalah pendiri amalan dzikir Mujahadah Lailiyah, Dzikrul Ghofilin, dan sema'an Jantiko Mantab.

Beliau wafat tanggal 5 Juni 1993 di Surabaya pada umur 52 tahun dan dimakamkan di dusun Tambak, Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Sekitar 40 Km ke selatan dari Kota Kediri dan searah dengan Wisata Air Terjun Dholo.

Sampai saat ini Makam Gus Miek menjadi tujuan wisata religi bagi para peziarah, biasanya setiap hari kamis wage atau malam Jumat Kliwon selalu ada rutinan pengajian yang diadakan di Makam beliau.

3. Gua Maria Pohsarang


Gua Maria Pohsarang terletak di lereng Gunung Wilis merupakan destinasi ziarah umat Katolik yang ada di Kecamatan Semen Kediri, tempat ini merupakan replika Gua Maria Lourdes di Perancis yang masih berada dalam kawasan Gereja Pohsarang.

Dalam kawasan Gua Maria Pohsarang, terdapat gua kecil yang menampilkan patung Maria pertama yang ditempatkan di Pohsarang sebelum Gua Maria baru diresmikan. Selain itu, terdapat pula mausoleum Pieta dan columbarium untuk mengenang para pastur yang dikebumikan di area tersebut.

4. Gereja Katolik Pohsarang

Gereja Katolik Pohsarang ini berlokasi di desa Pohsarang yang memiliki desain yang mempesona. Sebagian besar bangunan dibangun dari batu-batu sungai yang ditata dengan apik. Bentuk atapnya yang unik pun membuat gereja ini tampak cantik.
 
Dibangun pada tahun 1936, gereja ini memadukan sentuhan kolonial Belanda dengan budaya Jawa. Interior gereja didominasi oleh batu berwarna kecokelatan. Pada bagian langit-langit, terdapat salib yang terbentuk dari genting kaca sehingga menciptakan kesan salib yang bercahaya.

Di kompleks gereja juga terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Taman Hidangan Kana, Gedung Serbaguna Emaus dan Gua Maria Pohsarang.

Gereja ini merupakan destinasi yang tepat bagi kamu yang ingin berwisata rohani sembari menikmati sejuknya udara di kaki Gunung Wilis.

5. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong


Tempat wisata religi di Kediri yang lainnya adalah Kelenteng Tjoe Hwie Kiong berlokasi di jalan Yos Sudarso, konon klenteng ini dibangun pada tahun 1895 merupakan peninggalan orang-orang Tionghoa yang datang ke Kediri untuk mencari peruntungan.

Bila kamu kesana, kamu akan disambut dengan gerbang megah berwarna merah yang tampak kontras dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Di dalam bangunan utama kelenteng, terdapat altar Tri Nabi Agung untuk penganut agama Tao, Buddha, dan Konghucu.

Di halaman depan kelenteng, berdiri patung burung Hong dan patung naga yang menjadi penjaga kompleks kelenteng Tjoe Hwi Kiong. Sementara itu, halaman belakang kelenteng dipercantik dengan kolam ikan yang berisi puluhan ikan Koi warna-warni.

Di sisi barat bangunan utama, terdapat panggung yang digunakan untuk menampilkan pertunjukan wayang potehi. Meskipun tidak ditampilkan setiap hari, pertunjukan tersebut bisa Anda nikmati pada sore hari pukul 3 dan malam hari pukul 7.

Nah itu 5 destinasi wisata religi yang ada di Kediri, monggo yang mau berwisata sekaligus menambah wawasan ilmu agama kamu bisa jadi pertimbangan dan kalau ada yang mau menambahkan tempat religi yang ada di kediri silakan saja isi dikolom komentar ya....

Sumber:

kedirikab.go.id

traveloka.com

facebook.com/notes/kota-kediri/mbah-wasil-sang-guru-dari-prabu-sri-aji-joyoboyo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Destinasi Wisata Religi Kediri Yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a Comment