Sebagai penghubung wilayah barat dan timur Kota Kediri terutama penghubung Madiun dan Surabaya di kala itu, tahun 1855 jembatan ini mulai dibangun menggunakan bahan batu, tahun 1862 dihentikan karena masalah kontruksi.
Kemudian
Sytze Westerbaan Muurling seorang insinyur dari Belanda merancang desain
alternatif yang menggunakan kontruksi besi diatas tiang sekrup yang dipasang
dalam sungai.
Proses
pembangunan banyak mengalami keterlambatan dan akhirnya jembatan dibuka untuk
umum pada 18 maret 18 Maret 1869.
Yang
menarikanya jembatan ini merupakan jembatan besi pertama yang ada di Jawa dan dianggap sebagai adikarya
pada zamannya.
Biodata
Insinyur Jembatan Lama
Lantas
siapa Sytze Westerbaan Muurling?
Sytze
Westerban yang dijuluki chief engineer di massanya lahir di Belanda pada 29
November 1836, meninggal dunia 17 Oktober 1876 di Batavia. Dia adalah anak dari
Dr W. Muurling seorang pendeta dan juga seorang profesor teologi.
Westerbaan
menerima pendidikan dasar di sekolah Austria, dan juga pendidikan menengah
pertama. Tamat SMA, selanjutnya meneruskan kuliah di Huther,Groningen mengambil
jurusan hukum, Namun tiga tahun dia berhenti akibat penyakit yang ia derita.
Setelah
istirahat beberapa lama dan meninggalkan bangku kuliahnya, pada tahun 1854 ia
berhasil ujian masuk untuk Royal Academy di Delft, dan pada tahun 1859 dia
memperoleh ijazah insinyur sipil. Atas perintah Menteri koloni 4 Februari 1860
ia diangkat ke direktur pekerjaan umum di Hindia Belanda.
Sungai
Brantas sendiri adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan
Solo. Panjang Sungai Brantas sendiri kurang lebih 320 km, sungai ini bermata
air di Desa Sumber Brantas (Kota Batu) yang berasal dari simpanan air Gunung
Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung , Kediri, Jombang dan
Mojokerto.
Itulah
insinyur jembatan lama kota kediri yang kokoh sampai saat ini.
Dan
siapa sangka 18 Maret 2018 nanti jembatan lama Kota Kediri berulang tahun
ke-149 tahun sejak dioperasikan dan digunakan sebagai jembatan oleh Kolonial
Belanda pada 18 Maret 1869. (sumber merdeka.com, books.google)
Foto Jembatan lama dari tahun ke tahun
Jembatan Lama 18 Maret 1869 |
Jembatan lama 1955 |
Jembatan lama tahun 2010 |
0 Response to "Lebih dari Seabad Jembatan Lama Kota Kediri Masih Kokoh, Siapa Insinyurnya?"
Post a Comment