Lebih dari Seabad Jembatan Lama Kota Kediri Masih Kokoh, Siapa Insinyurnya?


Sebagai penghubung wilayah barat dan timur Kota Kediri terutama penghubung Madiun dan Surabaya di kala itu, tahun 1855 jembatan ini mulai dibangun menggunakan bahan batu, tahun 1862 dihentikan karena masalah kontruksi.

Kemudian Sytze Westerbaan Muurling seorang insinyur dari Belanda merancang desain alternatif yang menggunakan kontruksi besi diatas tiang sekrup yang dipasang dalam sungai. 

Proses pembangunan banyak mengalami keterlambatan dan akhirnya jembatan dibuka untuk umum pada 18 maret 18 Maret 1869.

Yang menarikanya jembatan ini merupakan jembatan besi pertama yang  ada di Jawa dan dianggap sebagai adikarya pada zamannya.

Biodata Insinyur Jembatan Lama

Lantas siapa Sytze Westerbaan Muurling?

Sytze Westerban yang dijuluki chief engineer di massanya lahir di Belanda pada 29 November 1836, meninggal dunia 17 Oktober 1876 di Batavia. Dia adalah anak dari Dr W. Muurling seorang pendeta dan juga seorang profesor teologi.

Westerbaan menerima pendidikan dasar di sekolah Austria, dan juga pendidikan menengah pertama. Tamat SMA, selanjutnya meneruskan kuliah di Huther,Groningen mengambil jurusan hukum, Namun tiga tahun dia berhenti akibat penyakit yang ia derita.

Setelah istirahat beberapa lama dan meninggalkan bangku kuliahnya, pada tahun 1854 ia berhasil ujian masuk untuk Royal Academy di Delft, dan pada tahun 1859 dia memperoleh ijazah insinyur sipil. Atas perintah Menteri koloni 4 Februari 1860 ia diangkat ke direktur pekerjaan umum di Hindia Belanda.

Sungai Brantas sendiri adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo. Panjang Sungai Brantas sendiri kurang lebih 320 km, sungai ini bermata air di Desa Sumber Brantas (Kota Batu) yang berasal dari simpanan air Gunung Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung , Kediri, Jombang dan Mojokerto.

Itulah insinyur jembatan lama kota kediri yang kokoh sampai saat ini.

Dan siapa sangka 18 Maret 2018 nanti jembatan lama Kota Kediri berulang tahun ke-149 tahun sejak dioperasikan dan digunakan sebagai jembatan oleh Kolonial Belanda pada 18 Maret 1869. (sumber merdeka.com, books.google)


Foto Jembatan lama dari tahun ke tahun

Jembatan Lama 18 Maret 1869

 
Jembatan Lama Tahun 1900

Jembatan lama 1955

Jembatan lama tahun 2010

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lebih dari Seabad Jembatan Lama Kota Kediri Masih Kokoh, Siapa Insinyurnya?"

Post a Comment