Sam Brodie Seorang Homoseksual Berubah Setelah Mengenal Islam


Kamu kenal Sam Brodie, seorang pria tulen penyuka laki-laki yang memutuskan menjadi wanita, berkenalan dengan al-Quran dan ia bisa berubah dengan menerima masa lalunya kembali menjadi laki-laki normal dan menikah hingga mempunyai anak.

“Islam itu luar biasa, pelan-pelan saya berubah. Saya merasa lengkap sekarang. I have family dan nggak kekurangan. Alhamdulillah.”

Siapakah Sam Brodie?

Samuel David Alexander Brodie, atau Sam Brodie ia seorang pria tulen, namun dia penyuka laki-laki alias homoseksual hingga memutuskan menjadi wanita, dulu Sam sempat mengganti namanya menjadi Samantha seiring dengan keputusannya untuk mengubah jati dirinya menjadi seorang wanita.

Pria yang lahir dari pasangan Emmy Liana Brodie asli Indonesia, dan ayah keturunan Skotlandia bernama Robin Barclay Brodie, Sam tumbuh dan dibesarkan hingga dewasa di Inggris.

Sejak umur 12 tahun, Sam mengubah penampilannya dari lelaki menjadi perempuan. Rambutnya panjang, wajahnya cantik dipoles make up, dan jemarinya lentik terawat. Meski dikecam keluarga, tapi penampilannya itu justru membuatnya moncer menjadi artis.

Kala itu Keluarga menentang keras, dengan keputusannya, Brodie marah dan bertengkar dengan ibunya. Keluar dari rumah. Hidup di jalanan kota London, Inggris. Setelah itu, hidupnya berturut makin kacau. Masuk panti sosial, dituduh menipu, minum alkohol, narkoba, hingga “ada main” dengan salah satu pemain Arsenal.

Sosok pria yang lahir 14 Maret 1987 ini mamanya mulai dikenal publik internasional saat ia membintangi reality show 'Big Brother' pada 2006. Terpilih dari 400.000 peserta yang mengikuti audisi saat itu, Sam pun menjadi headline di berbagai pemberitaan di media London karena keunikan perannya sebagai wanita, saat itu tak ada yang menyangka Brodie sebenarnya laki-laki.

Namun, kesuksesannya rupanya tak membuat Sam bahagia. Ia tetap seorang lelaki. Itulah yang membuatnya tak tenang. Akhirnya Sam buka rahasia tentang jati dirinya kepada publik, ia mengaku sejatinya ia adalah seorang pria. Kejujuran itu malah kian melambungkan namanya. Nama Sam langsung melesat tajam.

Tak heran, Sam sempat merasakan limpahan materi dari dunia entertainment. Disebut-sebut, selama berkarir di Hollywood, pria berdarah Ambon dan Skotlandia ini mendapatkan bayaran hingga US$4,6 juta atau sekitar Rp 62.3 miliar.

Berkenalan dengan al-Quran

Meski tenar dan memiliki uang banyak, Sam merasa hidupnya kosong. Seperti ada sesuatu yang hilang. Kegelisahan ini menuntunnya dalam pencarian jati diri lagi.  

Saat itulah, ia berkenalan dengan al-Quran, sekitar tahun 2009. Saat membaca isinya, Brodie tertegun karena merasa ditegur.

“Saya buka Al Qur’an, ada sesuatu yang kayak bilang bahwa hidup saya selama ini tuh dosa.”

Tertarik mencari soal Islam lebih dalam, ia pun mencari seorang 'alim' untuk menuntunnya. Selama proses belajar inilah, ia perlahan berusaha ikhlas menerima cobaan hidupnya. Belajar menerima dirinya lagi sebagai laki-laki.

Setahap demi setahap, Sam mulai melazimkan dirinya sebagai pria. Dia meninggalkan perilaku seperti wanita.

Menikah dengan teman dekatnya



Dalam proses pencarian jati diri Sam, sebenarnya ada peran dibaliknya seorang kawan Sam yang tak henti memberinya dukungan. Namanya Indry. Wanita ini percaya bahwa Sam bisa berubah.

Membuat Sam tambah yakin ia tak sendiri. Lalu, keinginan itu muncul. Keinginan yang selama ini tak terbetik selama Sam menjadi Samantha. Kemudian ia pun menikahi Indry layaknya laki-laki dan perempuan.

Sam Brodie pun menikah pada tahun 2010, usai bersyahadat. Masuk Islam, menjadi muallaf. Dan ditahun berikutnya mereka dikaruniai putri bernama Kimmy Caitlin Malika.

“Islam itu luar biasa, pelan-pelan saya berubah. Saya merasa lengkap sekarang. I have family dan nggak kekurangan. Alhamdulillah.”

Kisah Sam Brodie dirangkum dalam buku “Samuel, Samantha, and Me.” Dia ingin berbagi inspirasi, bahwa semua orang bisa berubah.

Sam menuturkan, saat kecil ia merupakan sosok pendiam, tidak banyak berbincang dengan orang dan pemalu. Sam berujar, dirinya terlahir sebagai Nasrani. Ia seorang homoseksual hingga memutuskan menjadi wanita. Hingga akhirnya, Sam memutuskan kembali menjadi heteroseksual setelah mengenal Islam

Keputusannya untuk menjadi perempuan, misalnya, dilatarbelakangi kekerasan yang dialaminya di masa kecil. Dia bisa kembali berubah dengan menerima masa lalunya, dan mendekat pada Allah Swt.

“Tidak ada kata terlambat untuk kembali,” tutup Brodie. (sumber: Republika, detik, viva, wikipedia)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sam Brodie Seorang Homoseksual Berubah Setelah Mengenal Islam"

Post a Comment