Cegukan dan Cara Mengatasinya

Hampir semua orang pernah mengalami cegukan termasuk kamu, bukan? Ya saya juga pernah merasakannya, sangat terasa tidak nyaman, dimana leher terasa dicekik.

Sebenarnya cegukan ini adalah hal yang wajar dan sangat alami bagi setiap orang dan hampir setiap manusia pasti akan mengalami cegukan, hanya kadang sering membuat kita terasa sangat tidak nyaman, apalagi pas kita hendak tidur, mata sudah ngantuk tapi cegukan gak bisa dihilangkan, apalagi ketika ada tamu atau sedang bekerja rapat sangat-sangat mengganggu.

Cegukan merupakan suatu gangguan yang biasanya pernah dialami oleh hampir semua kalangan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya gangguan cegukan berlangsung tidka lama dan berkahir hanya dalam beberapa menit saja.

Dalam dunia medis, cegukan dikenal dengan istilah singultus. Cegukan ditandai dengan bunyi ‘hik’, seperti suara tercekik. Sumber terjadinya cegukan ini berasal dari diagframa. Hal ini bisa terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba pada daerah diagframa dan berlangsung selama berulang-ulang. Kondisi seperti ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara yang tertutup, namun udara masih tetap bisa lewat. Inilah dia yang mnyebabkan bunyi ‘hik’ setiap kali cegukan

Penyebab Cegukan

Pada umumnya pemicu cegukan berkaitan dengan pola makan, seperti makan terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda ataupun minuman beralkohol secara berlebihan. Cegukan juga bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba, stres, ataupun terlalu bersemangat.

Dulu pernah saya cegukan, banyak orang sekeliling yang menyarankan agar minum air putih yang banyak, boro-boro sembuh malah kembung hehehe......terus ada lagi dengan cara dikagetkan hahahaa....ini juga tak membuahkan hasil.

Meskipun cegukan tidak tergolong sebagai keluhan yang membahayakan, namun jika waktu berlangsungnya sudah dibatas wajar bisa jadi itu adalah pertanda adanya kelainan pada tubuh. Untuk itu, sebaiknya segera dapatkan perhatian medis, apabila cegukan yang kamu alami berlangsung lebih dari 30 menit dan disertai rasa sakit yang terlalu dibagian leher

Cara Sederhana Menghilangkan Cegukan

Nah bagaimana sih cara menghilang cegukan ini, berdasarkan pengalaman saya, cegukan itu bisa dihilangkan dengan mudah hanya dengan hitungan detik lho, gak percaya?? Cekibrot....

Pertama ambil air putih tuangkan kedalam gelas, lalu diminum hehehe.....berarti sama aja dong dengan cara yang diatas...eiiitttt tunggu dulu, sebelum kamu minum air putih tersebut, hidung kamu pencet dulu, agar saluran udara dari hidung tidak keluar, kemudian minum air tersebut.

Ingat...!!! selama kamu minum mencet hidungnya jangan ampe lepas sebelum air putihnya habis.

Setelah itu.....apa yang terjadi cegukanpun langsung hilang...mudah bukan. Kalau cegukannya belum sembuh, berarti ada yang salah dengan caramu mencet hidung.

Sebenarnya tips ini sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW kalau tidak salah isinya “jika salah seorang dari kalian minum maka minumlah dengan sekali nafas” tapi kita kadang sering mengabaikannya atau mungkin kita tidak paham makna (kalau salah mohon dikoreksi ya) ternyata kita harus banyak belajar ya.

Itu saja yang dapat saya utarakan, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi siapa saja. Bagi yang ingin menambahkan pengalaman cegukan, monggo isi komentar dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegukan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment