Lima Keunikan Orang Sunda

Mengenal kebiasaan atau keunikan setiap daerah sangatlah mengesankan, tentu disetiap daerah mempunyai keunikan dan kekhasannya masing-masing.

Seperti halnya provinsi Jawa Barat yang identik dengan orang sunda, konon Jawa Barat ini bagian dari pulau jawa tapi tidak pernah disebut-sebut sebagai orang jawa, ko bisa ya.

Ada fakta yang menarik dalam diri orang sunda, mau tau??

1. Mempunyai Nama Sama dengan Kepanjangannya

Nama orang sunda itu katanya unik, lucu, dan suka sama dengan kepanjangannya, seperti nama Entis Sutisna, Asep Saepullah, Udin Komarudin, Jajang Nurjaman, Ajad Sudrajat, Ade Surade, entah kenapa alasan mungkin orang dulu simpel-simpel.

Orang sunda jaman dahulu lebih senang punya anak dikasih nama Cecep, Encep, Eneng, Euis, Enjang, Ujang, Aam, Aceng, Ade, Cecep, Dedi, Asep, Dede, Sri, Jajang, Kokom, Elis. Unik dan lucu.

Seiring dengan pergeseran jaman, kini nama-nama itu sudah mulai tersingkir, bahkan tidak jarang anak-anak sekarang mengaku anak sunda tapi tidak bisa bahasa sunda

2. Tidak Bisa Membedakan Huruf  P dan F

Sebenarnya ini tidak juga, orang sunda bila ada orang menyuruh menyebut F pasti bisa.

Nah yang tidak bisa itu kalau lagi ngobrol, spontan menyebut huruf F itu tidak mungkin bisa, misal nyebut wifi pasti nyebutnya wipi, vespa pasti pespa, fitnah jadi pitnah, kalau gak percaya dengerin aja ceramahnya Mamah Dedeh.

Sebenarnya alasan ini tidak mengada-ada, penjelasan secara ilmiah mengapa orang sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V, salah satunya karena huruf tersebut memang tidak dikenal dalam aksara sunda atau Kaganga di jaman dulu. Hal ini mungkin menular turun temurun dan menjadi sebuah kebiasaan, mungkin inilah yang dinamakan kesalahan sejarah. 

3. Dilarang Menikah dengan Orang Jawa 

Mengenai mengapa orang sunda tidak boleh menikah dengan orang jawa ada sejarahnya salah satunya karena adanya dendam dari Perang Bubat antara kerajaan Pajajaran dengan Kerajaan Majapahit di masa lalu, mungkin inilah yang melatarbelakangi mitos kalau orang sunda nikah sama orang jawa pernikahannya tidak akan langgeng. Baca juga Mitos Orang Jawa Dilarang Menikah Dengan Orang Sunda

Diperparah lagi kebiasaan orang sunda jaman dahulu, kalau anaknya menikah dengan orang jawa nanti akan kualat, sebenarnya ini hanya mitos saja.

Walaupun hanya sekedar mitos, namun sampai saat ini masih yang banyak percaya dengan larangan tersebut, tapi tidak sedikit juga orang sunda dan jawa yang menikah dan kehidupan mereka baik-baik saja.

4. Hidup itu harus seperti si Kabayan, Santai

Yang menarik dari kepribadian orang sunda itu adalah orangnya nyantai dan tidak ribet, mereka memandang suatu masalah dengan tenang dan dibawa santai, karakter orang sunda berbeda dengan orang jawa, orang jawa dikenal dengan keuletannya, kegigihan dan keseriusannya.

Karakter orang sunda itu sudah diwakili sosok Kabayan, kalau kamu pernah liat filmnya si Kabayan ya seperti itu karakter orang sunda digambarkan sebagai seorang pemalas, santai namun banyak akal, meskipun si Kabayan adalah sosok fiktif, tapi si Kabayanlah salah satu cerminan dari sebagian masyarakat sunda, walaupun tidak semuanya ya

5.  Persib Bandung Klub kesayangan Orang Sunda

Persib Bandung itu kalau kata orang Jawa Barat mah urat nadinya, Persib merupakan harga diri Jawa Barat, rasa memiliki masyarakat sunda terhadap Persib sudah mendarah daging sejak jaman perserikatan dulu.

Dulu sewaktu televisi jarang, kalau ada pertandingan Persib, rumah warga yang mempunyai televisi pasti penuh sesak oleh para tetangga yang menonton, bahkan radio pun dicarinya hanya untuk sekedar mendengarkan info tentang pertandingan Persib.

Jaman perserikatan Persib dikenal dengan para pemainnya yang sebagian besar adalah orang sunda asli dan ketika Persib menjadi lebih modern dihuni banyak pemain luar sunda ataupun asing. Kecintaan masyarakat sunda terhadap Persib  tidak pernah luntur dan berregenerisasi dari jaman ke jamannya.

Makanya banyak orang Jawa Barat bilang, bila ada orang sunda yang tak suka Persib itu aneh dan perlu dipertanyakan kesundaannya. (dikutip dari berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Keunikan Orang Sunda"

Post a Comment